Muslimah Wajib Baca: Inilah Hukumnya Sholat Memakai Telekung Warna-Warni... Tolong Disebarkan

Seorang muslimah pernah bertanya kepada, "Ustadz, apakah hukumnya sholat berjamaah mengenakan pakaian (bagi laki-laki) atau telekung (bagi wanita) yang bercorak, misalnya batik, garis-garis, kotak-kotak, polkadot, atau bunga-bunga. Entah itu sebagian saja (misalnya di bahagian bawah) ataupun kainnya memang full bercorak.

Mengingat saat ini banyak ditemui dalam sholat berjamaah, seperti dalam sholat tarawih atau Ied –terutama di kalangan wanita- yang mengenakan telekung bercorak dan warna, demikian juga anak-anak perempuan, baik yang sudah tamyiz maupun balita, mereka juga memakai telekong seperti itu.

Sekiranya hal itu dilarang, apakah hukum menjual telekung seperti itu juga menjadi terlarang Ustadz"?

Inilah jawaban dari Ustadz:
Kita boleh memastikan, telekung model seperti ini pasti sangat mengundang perhatian orang. Apalagi jika warnanya cerah, atau warna-warni berkilau. Sementara Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan kita untuk menghindari pakaian yang mengundang perhatian orang. Beliau bersabda:

مَنْ لَبِسَ ثَوْبَ شُهْرَةٍ فِي الدُّنْيَا أَلْبَسَهُ اللَّهُ ثَوْبَ مَذَلَّةٍ يَوْمَ الْقِيَامَة

“Siapa yang memakai pakaian syuhrah di dunia, maka Allah akan memberinya pakaian hina pada hari kiamat.” (Ahmad, Abu Daud, Nasai dalam Sunan Al-Kubro, dan dihasankan Al-Arnauth).

Apa Itu Pakaian Syuhrah?

As-Sarkhasi mengatakan:

والمراد أن لا يلبس نهاية ما يكون من الحسن والجودة في الثياب على وجه يشار إليه بالأصابع ، أو يلبس نهاية ما يكون من الثياب الخَلِقِالقديم الباليعلى وجه يشار إليه بالأصابع , فإن أحدهما يرجع إلى الإسراف والآخر يرجع إلى التقتير ، وخير الأمور أوسطها

“Maksud hadis, seseorang wanita tidak boleh memakai pakaian yang sangat cantik dan indah, sampai mengundang perhatian banyak orang. Atau memakai pakaian yang sangat jelek –lusuh-, sampai mengundang perhatian banyak orang. Yang pertama, sebabnya kerana berlebihan sementara yang kedua karena menunjukkan sikap terlalu pelit. Yang terbaik adalah pertengahan.” (al-Mabsuth, 30:268)

Kita boleh mengambil kesimpulan dari keterangan di atas, bahawa pakaian yang mengundang perhatian banyak orang termasuk jenis pakaian syuhrah. Kerana itu, dikhawatirkan mereka yang memakai  telekong  warna-warni atau semacamnya, termasuk dalam golongan hadis di atas.-Sumber: KonsultasiSyariah.com

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

Kisah Benar, Isteri Aku Berlaku Curang Dengan Boss Aku.

Saya Terkejut Dijemput Menyertai Group WhatsApp Yang Menjijikkan Itu..

10 Gambar Dan Video: Percaya Atau Tidak, Harimau, Beruang Dan Singa Ini Berkawan Baik Sejak Kecil.